Aquasprite Theme Demo

Chiken run (2000)

Senin, 29 Juli 2013 , Posted by shaddow at 20.51

jauh sebelum saya mengenal shaun the sheep, terlebih dahulu saya sudah dikenalkan stop motion lewat karakter ginger, tokoh ayam yang selalu menghiasi layar kaca disaat hari spesial tiba. film yang digarap oleh peter lord ini cukup menarik dengan mengusung tema sederhana namun pengeksekusian luar biasa.

yang membuat stop motion terlihat menarik adalah terletak pada objek yang digunakan sebagai tokohnya,kalau tim burton setia dengan gaya ghotic pada setiap tokoh-tokoh stop motionnya, makan peter lord juga mempunyai ciri khas yaitu dia selalau senang mengeksplore dunia binatang.

chiken run bercerita tentang ayam-ayam petelur yang terancam kehidupannya, karena mr.tweedy si peternak selalu mendapat omelan dari istrinya akibat berkurangnya telur-telur yang ia dapatkan dari ayam-ayam peliharaannya.maka mr.tweedy memutuskan akan memotong ayam yang tidak bisa bertelur banyak lagi.kabar tersebut membuat panik para ayam-ayam termasuk ginger si ayam betina yang selalu punya mimpi untuk hidup didunia luar dipadang rumput yang hijau.

usahanya untuk melarikan diri selalu gagal karena yang menjadi penghambat adalah teman-teman ginger yang tidak pandai seperti dirinya. sebenarnya sangat mudah untuk ginger melarikan diri dari peternakan namun karena dia begitu peduli dengan teman-temannya dia tidak mau pergi sendirian agar terbebas dari kematian.
 kekonyolan-kekonyolan yang diciptakan oleh teman-teman ginger cukup berhasil membuat saya tertawa pada durasi awal,rencana-rencana matang yang telah disusun selalu berakhir dengan kegagalan.

tokoh-tokoh yang diciptakanpun cukup unik seperti si mac yang jenius,dan babs yang pandai dalam merajut yang nantinya diakhir cerita akan menjadi tokoh yang sangat berguna dalam membantu pelarian.dan sisanya adalah ayam-ayam betina pelengkap yang tidak kalah konyol juga dalam memancing tawa. dan  juga jangan lupakan fowler si ayam jantan tua sang komandan.

setelah usahanya selalu menemui kegagalan akhirnya harapan para ayam ini mulai padam kecuali ginger yang digambarkan sebagai ayam yang keras kepala dan tidak mau menyerah dengan apa yang diinginkannya, dengan susah payah ginger tetap meyakinkan teman-temannya bahwa diluar sana dunia lebih baik daripada hanya terkurung dikandang peternakan.

harapan para ayam untuk kabur kembali setelah rocky si ayam sirkus terjatuh dikandang peternakan, dan terjebak disana. ginger yakin bahwa ayam ternyata bisa terbang karena ia melihat rocky terbang melintasi peternakan. rocky ternyata ayam jantan yang kabur dari sirkus, dirinya berharga sangat mahal bila ditemukan.


dengan properti yang detail dan suasana peternakan yang terasa kental membuat kita dibawa kedalam suasana perkampungan sesungguhnya.detail-detail kecil yang sangat diperhatikan justru membuat film ini semakin hidup.penggambaran karakter melalui bentuk wajah dan suara melengkapi sudah keseruan film ini.
namun ternyata chiken run bukannya hanya menghadirkan nuansa komedi namun juga aura mencekam yang disajikan seperti penjagalan ayam dan mesin-mesin tajam membuat film seperti dark-comedy.tokoh jahat yang digambarkan mrs.tweedy sudah berhasil meneror ayam-ayam sehingga ketakutan. sedangkan mr.tweedy yang digambarkan sebagai peternak yang sedikit bodoh dan takut terhadap istrinya sebuah gambaran dekat dengan kehidupan kita sesungguhnya..hehe
 semuanya sudah dikonsep secara matang, kehidupan para ayam dalam sekotak kandang persis seperti gambaran eksploitasi manusia dalam sebuah penampungan atau juga bisa disamakan dengan kehidupan di sebuah penjara. tiba-tiba saja saya punya persepsi bahwa chiken run adalah prison break versi binatang..hehe

bahkan sampe ke detail kecilpun tidak luput dari perhatian peter lord seperti pedagang gelap yang menyusup kedalam kandang dimana nanti akan menjadi pemasok barang-barang untuk melarikan diri, mirip seperti shawhank ya..hehe dan sosok itu diperankan oleh 2 ekor tikus.
kecintaan peter lord pada dunia stop motion sudah tidak diragukan lagi, semenjak lulus kuliah dia sudah membuat studio kecil yang dikhususkan untuk memproduksi stop motion baik untuk iklan maupun film pendek.debutnya dimulai dengan serial televisi morp, dan kemampuannya mulai dilirik ketika ia menciptakan tokoh Wallace & Gromit film pendek pertamanya yang diganjar nominasi oscar.
 bersama sahabatnya nick park ia terus menggeluti dunia stop motion ini hingga sekarang,hingga menelurkan chiken run dan beberapa skuel dari Wallace & Gromit.peter lord mengaku tetap setia ingin mempertahankan animasi era tahun 80-an ini, walapun tidak seratus persen asli karena karya-karya terbarunya tidak terlepas dari sentuhan CGI walapun hanya sedikit.

walapun sudah  jarang sekali mengeluarkan film, tapi kecintaan peter lord pada stop motion bisa kita liat koq. lewat serial-serial televisi produksinya, bahkan di indonesia juga kita bisa menikmatinya seperti shaun the sheep dan timy time itu adalah keluaran studio miliknya.

chiken run adalah buatan sang maestro stop motion yang sayang untuk dilewatkan, dengan jalan cerita yang unik dan properti yang luar biasa mengagumkan bahkan sampai ke objek  kecilpun ditampilkan.sarat dengan pesan-pesan seperti layaknya film-film animasi lainnya.

RATING :

Smiley


Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar