Aquasprite Theme Demo

Harvie krumpet

Rabu, 24 Juli 2013 , Posted by shaddow at 20.54

berbekal rasa penasaran yang begitu tinggi pada adam elliot yang telah bertanggung jawab atas mary & max nya yang hampir saja meneteskan air mata, maka saya mempunyai inisiatif menulusuri jejak elliot.

dan ternyata inilah "harvie krumpet" yang telah mengantar dirinya untuk menyutradarai mary & max, sekaligus film dengan durasi panjang pertamanya yang sukses telah menciptakan dunia kelam bagi penontonnya dengan media stop motion.

harvie krumpet adalah film  pendek karya sutradara asal australia yang berhasil mendapat penghargaan di ajang academy awards untuk film pendek terbaik kategori animasi.

untungnya tidak terlalu susah untuk mencari film ini karena kita bisa mencarinya di youtube,..hehe selain harvie krumpet ternyata banyak juga karya-karya elliot yang lainnya tentunya film stop motion juga.

Harvek Milos Krumpetzki seorang anak yang terlahir dari keluarga miskin, ayahnya hanya seorang penebang dan ibunya bekerja ditambang timah.sejak kecil dia selalu menampakan prilaku aneh hingga dokter memponisnya bahwa dia mengidap Sindrom Tourette.



 penyakitnya itu membuat harvie dikucilkan dari pergaulan, maka ibunya memutusakan untuk mengeluarkan dia dari sekolah dan mengajarinya dirumah saja.namun pecahnya perang dunia ke 2 harus membuat dia datang ke Spotswood di Australia sebagai pengungsi, dan sejak itulah dia mengganti namanya menjadi harvie krumpet. 

kehidupannya diwarnai dengan kesialan-kesialan yang terus menimpanya, seperti tersambar petir dan masuk rumah sakit beberapa kali karena kecelakaan yang terjadi.hingga puncaknya dia harus kehilangan testisnya, walapun begitu harvie tetap optimis menjalani hidup,rasa optimisnya membuahkan hasil dia bertemu dengan seorang perawat yang menyukainya, lalu mereka pun menikah.



kebahagian harviepun semakin lengkap setelah ia mengadopsi seorang anak Thalidomide.walapun anak angkatnya itu tidak normal tapi harvie telah berhasil mendidiknya hingga dia berhasil dalam akademiknya.

lagi-lagi elliot mengangkat tema kelam dalam filmnya, mengangkat orang-orang terpinggirkan dalam filmnya. dan selalu menyertakan penyakit aneh kepada tokoh-tokohnya, mungkin itu bisa dibilang salah satu ciri khas dari seorang adam elliot



scene-scene yang konyol disatukan oleh sebuah narasi yang ciamik sehingga menjadi satu rangkaian cerita yang menarik,soalnya kalau mengandalkan scene yang berurut seperti mary & max akan menghabiskan durasi yang panjang, atau ini hanya kecerdikan eliot untuk meminimalisir properti yang dibutuhkan saat pengambilan gambar.


walaupun harve krumpet adalah film pendek yang menyabet oscar dengan segala kelebihannya, namun bagi saya film ini kurang bisa dinikmati, entah karena faktor scene yang ditampilkan atau jalan cerita yang terlalu rumit.tapi untuk narasinya saya sangat kagum mirip narator kartun tempo dulu.


adam eliot bisa dibilang peter lord versi australia yang sangat mencintai dunia stop motion, semoga kecintaaannya ini terus membuahkan sebuah karya yang terus bisa saya nikmati..seperti peter lord yang udah bikin saya jatuh cinta pada dunia stop motion, namun eliot juga udah berhasil membuat saya kagum dengan membawa nuansa baru dengan media serupa tapi dengan tidak melepaskan ciri khas yang dimilikinya,, the dark stop motion from eliot..

RATING : 

Smiley
 

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar