Aquasprite Theme Demo

No (2012)

Senin, 08 Juli 2013 , Posted by shaddow at 00.39

bagaimana jika memilih presiden hanya dengan memberikan suara YA atau TIDAK. kedengarannya seperti mudah, namun sayangnnya tidak semulus itu yang terjadi di chili. karena masa depan negara menjadi taruhannya, rene savedra seorang pegawai televisi, memperjuangkan suaranya di kubu NO atau tidak, alasannnya tentu saja karena seorang calon presidennya adalah seorang ditaktor yang berbahaya.

pinochet adalah seorang jendral di chili yang mendapatkan kekuasaan dengan cara kudeta. selama pemerintahannya, banyak terjadi pelanggaran HAM , mulai dari pembunuhan dan hilangnya orang-orang yang jumlahnya mencapai seribu lebih.

namun pada tahun 1990 saatnya rakyat chili bangkit dari keterpurukannya, mereka membangun kubu untuk menentang kesewenang-wenangan presidennya selama ini.termasuk rene yang ikut didalamnya, ia bersama teman-temannya memperjuangkan chili agar terbebas dari kekuasaan pinochet.

perang yang dilakukan kedua kubu ini adalah lewat media iklan, tentu saja itu adalah nilai plus untuk seorang rene mengingat itu adalah bidang pekerjaannya selama ini, maka dengan mudahnya ia membuat iklan-iklan yang telah berhasil menaikan grafik suara pemilu bagi kubunya.


sejak iklan yang dibuatnya beredar di televisi rene menjadi incaran para bawahan sang ditaktor, kehidupannya mulai tidak tenang karena sering mendapatkan terror. keselamatan anaknyapun tidak luput ikut terancam.

masalah semakin berat setelah rene mengatui bahwa bosnya dikantor berada dipihak kubu YES dan selalu membujuknya untuk menghentikan kampanye yang dilakukannya. tapi dia tak pernah terpengaruh, malah semakin gencar membuat iklan-iklan yang semakin banyak menarik simpati masyarakat chili.


terlepas dari Rene saavedra ini tokoh fiksi ataupun nyata,NO telah menghadirkan sebuah film yang yang brilian dengan memfokuskan sejarah pada satu tokoh yang membuat cerita tidak melebar berceceran. seperti media televisi yang dijadikan iklan saat kampanye pada waktu itu, dan tentu saja sejarah terbesarnya adalah tergulingnya pemerintahan augusto pinochet.

mungkin penulis pablo larrain menggambarkan tokoh rene sebagai perjuangan masyarakat chili pada saat itu.konflik yang terjadi begitu memanas dimana perbedaan sikap yang digambarkan begitu kontras mewakili karakter masing-masing, rene dengan kejeniusannya selalu melawan balik dengan ide-ide dan pimikirannya melalui media iklan, sedangkan dari pihak pinochet tidak begitu pandai dalam konsfirasi sehingga dia memakai cara-cara yang real sehingga terlihat buruk dimata masyarakat chili.


mungkin film ini karena terasa membosankan selain visual yang ditampilkan mirip dengan dokumenter dan juga cerita yang sedikit lambat, tapi dibalik semua itu bila kita memperhatikannya secara jeli justru film ini sangat menarik. apalagi setelah muncul scene yang menggambarkan artis-artis besar didalamnya seperti kemunculan simanusia baja christoper reeve mungkin bisa mengobati rasa kantuk..hehe


NO adalah film jenius yang menceritakan sejarah dari sisi yang berbeda dan tetap tidak merusak kebenaran sejarah itu sendiri. ternyata chili memiliki nasib yang sama dengan indonesia pada waktu itu, saya tidak mengerti mengapa jendral-jendral dulu begitu berambisi untuk mengusai negri.

nah bagaimana dengan indonesia kapankah akan membuat film berlatar sejarah tanpa melibatkan senjata didalamnya. bukan hanya jepang atau belanda saja yang dijadikan antagonis, karena ternyata bangsa sendiri adalah musuh terberat yang harus dihadapi.

RATING :

Smiley

Currently have 3 komentar:

  1. mesti cari nich dvd nya :)

  1. shaddow says:

    mesti bang..walapun filmnya aga-aga bikin bosan dan memberatkan,,tapi tonton sampe abis aja, biar dibilang keren..hehe

  1. Anonim says:

    gw udah nonton..filmnya layar kecil gitu..kaya film jadul

Leave a Reply

Posting Komentar