Aquasprite Theme Demo

Adaptation (2002)

Rabu, 21 Agustus 2013 , Posted by shaddow at 17.49

ini untuk pertama kalinya saya nonton film charlie kaufman berkat rekomendasi temen yang katanya kebingungan dalam mengikuti alur filmnya. dan ternyata memang betul,,hehe

sebenarnya dalam alurnya biasa, berjalan maju, namun yang bikin unik adalah ketika kaufman mengadaptasi sebuah buku namun dari sudut pandang penulis nahskahnya bukan dari isi buku tersebut.hal yang membuat kita terpukau adalah timbulnya tanda tanya mengenai apakah adegan yang dijalani meryl streep itu kejadian nyata atau hanya adegan yang dibuat kaufman..????


mengapa timbul pertanyaan tersebut ? karena kalau cerita yang tersaji antara susan orlean dan john hanya sebatas isi buku, lalu kenapa kaufman terlibat didalamnya, terus kalau ini hanya sebatas naskah buatan kaufman sendiri yang bercerita tentang dirinya, mengapa memasukan adegan berdasarkan buku tersebut..??

pemikiran yang genius ketika kaufman membiarkan kita untuk mendeskripsikannya sendiri.,


mungkin cerita secara sederhana dari film ini yang saya tangkap adalah sebagai berikut :

charlie kaufman (atau dirinya sendiri) adalah seorang penulis naskah untuk film, setelah proyek film malkovicnya sukses ia ingin mendaptasi sebuah buku karya susan orlean untuk proyek film sebelumnya.namun sayangnnya ia mengalami kesulitan dalam menerjemahkan buku itu,solanya bukunya hanya bercerita tentang anggrek yang tidak memiliki cerita didalamnya.

sementara dibelahan lain ada susan orlean yang tidak lain adalah penulis buku yang sedang diadaftasi kaufman, diceritakan sedang memiliki ketertarikan terhadap bunga angkrek,akibat john laroche (chris cooper) menceritakan tentang angrek hantu yang langka.


setelah itu cerita berjalan masing-masing hingga klimaksnya kedua cerita ini bertemu dalam satu titik dan filmpun selesai..

adaptation adalah film komedi pertama yang ga bikin saya ketawa..hehe mungkin film ini tentang curhatan kaufman gimana perasaannnya saat dia berusaha menerjamahkan buku tanpa cerita ke dalam sebuah film...ahaha kecewa putus asa hilang rasa percaya diri hingga menggangu kehidupan normalnya.mungkin karena dikejar deadline tetapi ide belum muncul juga,, maka dia membuat naskah apa adanya,,sebuah kejujuran yang luar biasa.

tapi rasanya tidak mungkin kaufman hanya membuat film dengan sesederhana itu tanpa ada udang dibalik batu,pastinya mungkin bagi yang mengerti filsafat film ini mengandung arti tersembunyi.,cuma bagi saya penonton awam kekagumannya hanya sebatas kecerdikan kaufman ketika menggabungkan fiksi dan realita..hehe


mungkin kalau saya liat dari gambaran adaptation..maksudnya mengajak kita untuk bagaimana memaknai  sebuah ciptaan, proses dalam menciptakan sebuah sekenario mungkin sebagai gambaran dari kaufman dalam penciptaan dunia, manusia, alam semesta seperti yang ditampilkan scene pembuka di film ini bahwa betapa menakjubkannya hal yang selama ini mungkin kita hiraukan.

atau dia hanya ingin menggambarkan suatu proses adaptasi, bagaimana kita bisa menerima kekurangan yang ada, mengikuti semua perkembangan untuk tetap bertahan hidup tapi kamu akan kehilangan yang namanya rasa menakjubkan tentang apa yang kita kerjakan seperti yang digambarkan karakter donald.ketimbang harus bertahan dengan prinsip idealisme yang justru mempersulit diri sendiri seperti digambarkan charlie sendiri.


atau semua review diatas hanya bulshit belaka untuk menutupi ketidak mengertian saya akan film ini..ahahah entahlah, terlalu lieur untuk menerjemahkan film ini kedalam sebuah tulisan,, persis sama ketika kaufman kesulitan menerjemahkan certitanya pada lembar kertas.

mungkin ini awal perjumpaan saya dengan sosok kaufman,, the next saya akan nonton being john malkovich yang katanya ga kalah lieur.. plus film ini juga masuk ke scene awal ketika kaufman berbincang dengan tilda swinton..heheh

RATING :

Smiley


Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar