Aquasprite Theme Demo

Ray harryhausen : the master of monster stop motion

Kamis, 14 Agustus 2014 , Posted by shaddow at 00.33

penggemar film simbad pasti sangat familiar dengan monster-monster yang ada disamping. tapi bukan simbad serial tv yang sekarang ada dikompas tv ya..hehe simbad ditahun 70-an tentunya. filmnya juga sampai sekarang masih tayang, khususnya di trans tv, kalau kebetulan kita bisa melihatnya di jam-jam malam."simbad and the eye of the tiger" biasanya film simbad yang sering muncul di tv tersebut, bila kita menontonnya akan merasakan perbedaan yang menonjol dengan film fanatasi dijaman tahun 2000an..yup monster yang diciptakan dari tekstur terlihat sangat real, namun dari gerakan terasa kaku.mungkin pada jaman itu kita menganggap sebuah keajaiban, namun dijaman sekarang kita sudah mengetahuinya bahwa itu adalah teknik stop motion.

dan kali ini saya mau mereview orang hebat dibalik monster-monster tersebut. ray harryhausen orang dibalik bergeraknya monster dalam film-film fantasi ditahun 60 dan 70-an. kebetulan kemarin saya baru saja nonton film biografinya, dalam format dokumenter "ray harryhausen : special effects titan".

pria yang memiliki nama lengkap Raymond Frederick Ray Harryhausen ini, ketertarikannya pada dunia fantasi di ilhami dari film kingkong (1933).dari situlah ia mulai menggeluti film-film pendek bergenre fantasi yang didasari kecintaannya pada cerita-cerita fiksi ilmiah.

karirnya secara komersil dimulai saat ia bekerja dengan george pals dalam Puppetoons (film stop motion yang terkenal di tahun 1940 an di amerika).
chelloveck.sfblogs.net
di tahun 1947 hausen mulai melebarkan sayap dengan ikut andil dalam proyek layar lebar sebagai asisten animator bersama teman lamanya yang sama-sama tertarik dalam dunia animation, namun o'brien sudah terlebih dahulu mempunyai nama dalam proyek-proyek besar. hausen terlibat dalam proyek penggarapan film "Mighty Joe Young".yang saat itu o'brein menyerahkan secara khusus sebagian besar animasi, sedang dirinya berkonstrasi khusus pada teknis film.

sedangkan film pertamanya yang digaraf secara penuh oleh dirinya, yaitu dimulai dalam film The Beast from 20,000 Fathoms (1953).untuk proyek kedua layar lebarnya kali ini pun dia bekerja dengan teman lamanya, yaitu teman satu club  soerang penulis Ray Bradbury, Los Angeles Science Fantasy Society (LASFS). sebuah club khusus pecinta fiksi, tempat berbagi dan menggali ilmu sesama anggotanya yang dibentuk oleh Forrest J. Ackerman pada tahun 1939.dan film pertama yang digarapnya itu berhasil secara finansial, internasional box-office hits untuk Warner Bros yang pada saat itu masih beranama Warner Brothers.
greenbriarpictureshows.blogspot.com
 sebelum berkimprah di dunia perfilmman profesional ternyata, Pada tahun 1942 Harryhausen terdaftar di tentara, ditugaskan untuk Korps Sinyal dan dia direkrut  unit Frank Capra untuk bekerja pada film-film propaganda. Dia juga memberikan kontribusi terhadap Majalah Layar "TheArmy-Navy" sebagai asisten fotografer.
setelah demobilisasi pada tahun 1946 harryhausen Menganggur , kemudian ia terjun ke dunia animasi dongeng dua menit. ikut andil dalam prolog dan epilog Mother Goose(koleksi dongeng dan lagu anak-anak) film pendek yang dihasilkan, berhasil dijual ke sekolah-sekolah dan perpustakaan. 

kecintaannya pada makhluk-makluk purba maupun fantasi telah ia buktikan dengan menghadirkannya di berbagai film yang ia tangani, bahkan beberapa makhluk yang ia ciptakan telah menjadi sebuah icon baru dan berhasil masuk kedalam jajaran makhluk-makhluk fantasi, seperti ymir, medusa, kali, cyclops, calybos (untuk mengetahu daftar makhluk yang menjadi iconik ditangan haryhausen cek disini). dan yang terkenal tentu saja skeleton army
colider.com
 teknik yang terkenal digunakan harryhausen dalam memasukan makhluk fantasinya ke dalam film adalah Dynamation. yaiitu dengan menggabungkan 2 layar yang berbeda dalam satu frame. sebuah film yang telah diambil akan di proyeksikan pada sebuah layar, kemudian dibelakang layar tersebut akan ditempatkan makhluk atau objek yang akan dimasukan kedalam adegan, yang kemudian objek tersebut akan di syut dari belakang menggunakan teknik stop motion.
rayharryhausen.com
teknik ini membutuhkan kejelian agar objek terlihat real dan masuk kedalam adegan, teknik hampir sama dengan green screen,cuma bedanya pengerjaan dynamation langsung menggabungkan  adegan dan objek secara langsung tanpa software pengolah.

Raymond Frederick Ray Harryhausen telah mendedikasikan hidupnya untuk dunia perfilmman.bahkan banyak tokoh industri film dunia sangat mengidolakan dirinya, seperti peter jackson dan guelmo del toro. bahkan dalam film dokumenter tersebut peter jackson menyatakan kekagumannya pada sang maestro dynamation tersebut.bahkan kita bisa menemukan kesamaan dari tiga tokoh besar ini, del toro dan peter jackson sama-sama bergerak dalam dunia science fiction. atau mereka berdua juga anggota LASFS ? hehe.. keep calm and wathcing movie.


Currently have 1 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar