Aquasprite Theme Demo

a good day to die hard (2013)

Kamis, 06 Juni 2013 , Posted by shaddow at 20.00

"hal bodoh yang kita lakukan demi anak-anak kita" ketika bruce willis ngomong kaya gitu gw jadi inget bapa gw dikampung mungkin beliau juga berkata sama ketika ngejual bebek kesayangannya saat  ngasih uang ganti rugi ke tukang angkot yang mobilnya rusak gara-gara gw tabrak..hehe

oke lagi-lagi hollywood kehabisan ide untuk menciptakan karakter baru dari dunia peractionnan, jack ricer bolelah kemarin cukup berhasil menyita perhatian gw, tapi kalau boleh gw bilang jack ricer cuma copy paste dari jason bourne  dengan latar belakang yang berbeda. dan tetep setia dengan menghadirkan tokoh-tokoh lawas di film-film produksinya.

kali ini mcclane  mengajak anaknya kembali untuk menghibur kita, pas awal baca sinopsisnya gw sempat bingung anak yang mana lagi nih yang dibawa, setelah sebelumnya dia juga membawa putrinya dalam misi bahaya. sebuah sekuel yang seharusnya sudah berakhir dan dipaksa untuk dilanjutkan memang akan mengesampingkan cerita awalnya, kecuali kalau penulisnya emang bener-bener sakti. hasilnya hanya sedikit cerita yang dikaitkan dengan sekuel sebelumnya,  yang gw tangkap disini bawah si jack ini saudaranya lucy itu saja alasan bruce willis ada disini.

tidak seperti die hard sebelumnya yang menitik beratkan cerita rumit yang harus dihadapai bruce willis karena harus kucing-kucingan dengan antagonis kita, kali ini sang director tampak bersenang-senang dengan film yang dibuatnya tampak ketika porsi actionnya dimulai  dia ngasih ledakan sebesar dan sespektakuler mungkin. walapun memiliki latar cerita di rusia dengan musuh teroris super bahaya didunia. tapi itu cuma template yang dipakai agar film ini terlihat berkelas saja..hehe

sayangnnya gw udah terlanjur suka dengan formula klasik dalam film action yang diusung kembali oleh die hard kali ini, ya bukankah saat kita membaca judulnya kita udah tahu bahwa ini bruce willis yang cuma butuh sebuah pistol buat ngebrondong habis musuhnya ga peduli yang ribuan jumlahnya dengan dilengkapi sejata super canggih dan alat-alat berat yang biasa dipakai TNI,,gw kasih tahu bruce willis ga pernah peduli dengan semua itu,,, dia akan terus jalan kedepan sambil nembakin kepala mereka.

walapun ini film action, tapi jangan melupakan sisi melankolis dari karakter kita dong, nah si penulis ngasih formula klasik lagi dalam masalah ini, sebuah konflik yang sebenarnya udah sangat basi dan diterapkan diratusan judul film, bisanya di film-film keluarga dan animasi, yah sianak ga mau nyebut orang tuanya dengan sebutan ayah atau pun ibu, tapi pas udah melewati sebuah konflik bersama, maka tahu dong apa yang terjadi..hehe

pembagian porsi antara john dan jack mcclain juga menurut gw sangat pas, antara john yang memegang kendali dalam misi ini tapi terpakasa dia harus belajar dari ayahnya yang udah berkali-kali menghadapi ribuan bahaya dalam hidupnya. dengan kalimat-kalaimat yang sedikit mengharu-biru didalamnya sebelum masuk kembali ke wahana kembang api yang penuh ledakan ,sangat pandai dalam memainkan grafik ketegangan.

namun sayangnnya gw sedikit kecewa ketika banyaknya kaki tangan penjahat yang berpotensi untuk menjadi lawan yang seimbang malah mati dengan sia-sia terkena peluru juga, sama kaya anak buah kelas teri lainnya. kita tahu kan konsep film action yang sering dipakai di film-film cina, bila ada musuh kecuali bosnya yang terlihat berbeda dengan penjahat lain, maka dia akan jadi lawan yang tangguh untuk pahlawan kita diakhir nanti, namun sayangnnya laki-laki yang terlihat macho diatas matinya tidak istimewa sama sekali..hehe

emang sekarang twist ending lagi musim yah di film-film barat, atau twist membuat film terlihat istimewa ? mungkin banyakan penulis menganggapnya begitu, bila die hard juga mengikuti konsep itu gw rasa sah-sah aja apalagi di film kali ini, sangat sulit mengembangkan cerita bila musuhnya benar-benar seorang calon presiden, emang mau bikin ending gimana entar, mau perang rusia versus bruce willis,,hehe

lo bilang adegan gelantungan di helicopter itu basi ? bahkan jackie chan bisa melakukannya berkali-kali dengan keliling hongkong, nih gw kasih cantelan trek di helinya biar lo nganga.."kata john moore sambil nguap, yah.. gw banyak menangkap scene-scene yang sebenarnya udah  basi banget di film action namun di sini diexploitasi secara brutal,. selain adegan gelantungan diatas, kita juga bisa liat adegan kejar-kejaran mobil diawal yang dieksekusi secara tak manusiawi juga dengan melibatkan banyak ledakan dan tabrakan, bahkan gesekan kecil di film ini diperlihatkan seperti sayang membuang gambar kehancuran sedikitpun.

mungkin ini lebih pas disebut genre "action exploitation" dengan bruce willis sebagai psikopatnya siap membabi buta menghancurkan mangsanya dan menggelontorkan ledakan sebanyak mungkin.wajah jai courtney yang tegas dan berambisi memang pas banget ngegambarin sisi darah mudah yang berapi-api dan bernafsu ingin ngeledakin kepala orang, sangat kontras pebedaannya dengan bruce willis yang kalem namun pasti  menggambarkan sosok seorang ayah.jadi pembangungan karakter disini menurut gw cukup berhasil.

secara keseluruhan die hard tetap film action yang menghibur, dengan tidak berpura-pura cerdas seperti film action lainnya dengan ngasih jalan cerita yang rumit didalamnya, menurut gw twist yang diberikan di film ini cuma sebatas kebutuhan sebuah ending saja..hehe well jika kamu ingin melihat bruce willis kembali beraksi diusia yang udah semakin tua,, mendingan buruan tonton deh..

RATING :

Smiley



Currently have 4 komentar:

  1. film ini emang gak ada matinya..
    tapi berasa ada yg kurang di seri ini..

  1. shaddow says:

    iya.. kurang berkesan..hehe masalah yang sama seperti taken 2.,

  1. bakal ada die hard 6 gak ya?
    atau jangan2 emang ini sequel terakhir bruce willis..
    seperti halnya superman atau spiderman, kembali ke cerita awal dengan pemeran yg baru...

  1. shaddow says:

    sequel,,ada kemungkinan kayanya gan.. tapi kalau pemerannya diganti judulnya pasti bukan die hard lagi..soalnya die hard mah udah miliknya bruce willis..hehe ga bisa diganggu gugat

Leave a Reply

Posting Komentar